Senin, 21 Februari 2011

Siramping Nan Cantik


DUNIA modifikasi motor besar diyakini akan selalu semarak dari tahun ke tahun. Terutama motor Harley Davdson (HD) yang menguasai pangsa pasar motor di Amerika Serikat.
Harley Davidson seringkali membuat orang menjadi terpana melihatnya. Entah dilihat dari tampilan bodi, warnanya, aksesorisnya, teknologinya maupun gabungan dari semuanya. Rupanya kharisma HD membuat kiblat tersendiri sebagai rujukan acuan modifikasi.
Berawal dari kegemarannya mengutak-atik motor sejak 1992 Agas Sopyan, akhirnya melakukan modifikasi pada Binter Merzy 83-nya bergaya Chopper. “Saya ingin modifikasi dengan acuan model bareto seperti Chopper di tahun 1970-an. Selain klasik dan mewakili ekspresi siempunya, Chopper tetap akan menjadi primadona,” ucap pria yang selalu memakai topi jenis pet ini.
Untuk mengimplementasikan konsep desain Chopper impian, pria berperawakan sedang ini bertukar pikiran dengan kang Monoz sekaligus pemilik rumah modifikasi Monoz Custom yang bermarkas di kawasan Wiranta, Cicadas.
Jadinya, seluruh rangka dibuat baru dan ditata ulang mengejar konsep. ”Sasismemang fokus utama selain front end yang berganti model Springer nantinya,” jelas Monoz yang hampir 95 persen semua penggarapan dikerjakan handmade.
Mengejar buritan sangar, ban berganti lebar bertapak 190/17 terlihat serasi dengan pemasangan sepatbor custom yang sejajar jok. Perubahan ini menyebabkan ground clearence menjadi rendah membuat nyaman posisi duduk siempunya.
Kesan sangar masih terasa dibagian depan karena pemasangan front end bergaya Springer ini memang lebih menjorok kedepan. Sedangkan untuk suspensi menggunakan Per Honda C-70 dirasa mumpuni.
Jika pada motor Chopper lainnya suspensi belakang tidak ada, karena mengadopsi sistim rigid, lain halnya dengan yang satu ini. “Sepintas memang seperti rigid, tapi bila diperhatikan motor ini menggunakan swingarm terpisah sama halnya dengan motor umum bersuspensi,” ujar siempunya yang memasang shok Kymco.
Sebagai langkah akhir seluruh bodi dilabur dengan warna biru Spies Hecker plus torehan grafis embriologi…Sangar… Yogo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar